Model & Manajemen Basis Data

Oktober 22, 2018 Unknown 0 Comments


----------------------------------------------------------------------------------------------
Awal kata Salam...

Setelah fakum 3 minggu-an tidak mereview literasi dari mata kuliah SIDS, akhirnya ada juga waktu untuk kembali menulis di Halaman Anak Terakhir. The LastChild is Back..., untuk mempersingkat waktu dikarenakan kuota akhir bulan yang menipis kita langsung ke TKP !
Pada pertemuan literasi ke-4 ini membahas tentang “Model & Manajemen Basis Data”. Ya, kalau saya artikan menurut bahasa pemikiran saya sendiri dari apa itu model dan manajemen basis data ?
“ Model merupakan sebuah gambaran atau pola, dan manajemen basis data adalah sebuah proses untuk mengatur sebuah basis data. Jadi jika digabungkan akan keterkaitannya dengan SIDS adalah sebuah gambaran atau pola untuk mengatur sebuah basis data yang akan diimplementasikan menggambarkan sebuah representasi dari data spasial yang akan dijadikan sebuah pemetaan”. Itu...
Dari materi mata kuliah SIDS pada pertemuan ke-4 kemarin membahas apa saja yang terkait dengan topik Model & Manajemen Basis Data. Diantaranya akan saya coba jelaskan sebagai berikut :
1.         SMBD
adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.
Keterkaitannya dengan SIDS bisa diartikan juga salah satu bagian dalam SIG adalah melakukan pengolahan basis data, dengan GUI menggunakan sistem query dan aplikasi yang multi user. SIG merupakan aplikasi untuk menganalisa data keruangan/data spasial, yang bisa melakukan analisa data spasial dan non-spasial sekaligus.



2.         Tipe Data
Dalam dunia komputer, tipe data merupakan ialah klasifikasi data yang mengenalkan kompilator atau penerjemah bagaimana programmer bermaksud untuk menggunakan data. Didalam GIS tipe data dibagi menjadi 2 yaitu :
·         Berdasarkan geografis yang mempunyai contoh data;
# Data Lokasi
-       Koordinat
-       Nama Lokasi
-       Topologi
·         Berdasarkan Statistical Data;
-       Nominal
-       Categorical
-       Ordinal

3.         Desain Entity Relationship Diagram
merupakan salah satu bentuk pemodelan basis data yang sering digunakan dalam pengembangan sistem informasi. Diagram hubungan entitas (ERD) menunjukkan hubungan dari entitas set disimpan dalam database. Entitas dalam konteks ini adalah komponen data. Dengan kata lain, diagram ER menggambarkan struktur logis dari database.

4.         DB Planning
Beberapa perencanaan yang harus dipersiapkan dalam membangun data base sistem GIS sebagai berikut :
1.    Kualitas informasi
-     Informasi disimpan dalam database;
-     Konstruksi yang buruk dan kesalahan data akan memberikan Sampah bukan Sistem Informasi Geografis;
-     Proyeksi peta seperti apa yang akan digunakan;
-     Skala apa itu data;
-     Apa cakupannya;
-     Berapa atribusi yang harus dimasukkan;
-     Apa itu format data atribut;
-     Apa keandalan datanya;
-     Seberapa cepat untuk diambil.

2.    Informasi yang diperlukan untuk desain database :
-     Daftar lengkap data, ditentukan dengan benar dan diperiksa untuk validitas dan konsistensi.
-     Daftar sumber data potensial (peta, foto udara, file tabular, file digital) yang di katalog dan dievaluasi untuk akurasi dan kelengkapannya.
-     Daftar kemampuan fungsional yang dibutuhkan dari GIS (dari penilaian kebutuhan). Seperti visualisasi, analisis spasial, analisis statistik, dan pemodelan.

3.    Rencanakan untuk berbagi data
-     Benefits
-     Effort

4.    Merancang Data Base
-     RDBMS
-     Normalisasi Database
-     Represent data : Point, Line, Polygon, or etc

5.         DB Construction
# Konstruksi basis data / konversi adalah proses membangun basis data digital dari data sumber - peta dan file tabular.
# Penekanan utamanya adalah manajemen aktivitas dan jaminan kualitas / kontrol kualitas dari data yang dikonversi.
# Konversi data
-     Digitalisasi manual menggunakan tablet dan alat kursor digitalisasi (keping);
-     Memindai (mengubah garis dan teks menjadi serangkaian piksel);
-     Konversi Raster ke Vektor (mengubah serangkaian piksel menjadi serangkaian titik koordinat (x, y)), fasilitas ini biasanya disediakan oleh perangkat lunak GIS;
-     Solusi hibrida (overlay data format vektor dengan gambar menyediakan alat tampilan grafik yang kuat)
# Grafik peta merepresentasikan semua fitur (entitas) pada peta sebagai titik, garis, area, atau piksel;
# Basis data tabular berisi informasi atribut yang menggambarkan entitas (bangunan, parsel, dll.);
# Kunci umum (indeks data grafik) harus dibuat antara grafik peta dan catatan basis data tabular untuk membuat tautan.

6.         DB Relational
Basis Data relasional menggunakan tabel dua dimensi yang terdiri atas baris dan kolom untuk memberi gambaran sebuah berkas data.
Keuntungan :
+ Bentuknya sederhana
+ Mudah melakukan berbagai operasi data

7.         Hybrid & Integrated System
v Struktur data vektor dan struktur data raster dapat dipadukan pada suatu sistem, dengan melengkapi fasilitas konversi vektor ke raster dan raster ke vektor. Selain itu juga disediakan fungsi-fungsi untuk mengolah masing-masing struktur data.
v Data SIG terdiri dari dua bentuk data: yaitu data grafis yang menyatakan entitas obyek dan data attribut. Data grafis yang terdiri dari data koordinat dan data topologi disimpan di berkas yang terpisah dari data atribut. Data atribut ditangani oleh database management system. Penggabungan kedua tipe data dilakukan melalui suatu kode identifikasi, misal kode identifikasi poligon, garis atau titik. Hal yang sama juga dapat dilakukan 'linkage' antara grid-cell modules dengan database management system.
v Operasional SIG secara keseluruhan yang terdiri dari SIG software, CAD software, Image Processing software, GPS software, Open-Source components, DBMS system.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan tentang mata kuliah Sistem Informasi Data Spasial dengan topik "Representasi Geografi & Model Data Spasial". Semoga bermanfaat 😎. Pamit ke sawahh...
Atas nama pengetik :
Ragil Prasetiyo 1514321016 Universitas Bhayangkara
Dari Mata Kuliah Sistem Informasi Data Spasial dengan topik " Model & Manajemen Basis Data ".

Akhir kata Salam...
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daftar Pustaka
//SIDS/materi_dosen/gis

0 komentar: