LINUX

Juni 06, 2017 Unknown 0 Comments

LINUX OS
Linux merupakan sebuah operating system bersifat Open Source dan bebas untuk dikembangkan. Kenapa namanya linux ? karena tidak lain adalah orang yang meng-create sebuah OS ini bernama Linus Torvalds. Linus Torvalds membuat sebuah kernel linux atau kalau istilah gampangnya disebut dengan system utama sebuah Operating System diperkenalkan ke publik pada tahun 90an. System linux digunakan di berbagai macam jenis perangkat keras computer, termasuk PC Server, computer Desktop, Sistem perangkat permainan, telephone, dan Router.

Linux dikembangkan dari system unix, terlahir dari proses para pengembang yang mengoprek sebuah system komputer berplatform unix dalam kurun waktu 1970 sampai 1980-an. Pengamat teknologi informatika beranggapan suksesnya linux dikarenakan linux tidak bergantung pada vendor, biaya operasional pengembangan yang rendah, kompatibilitas yang tinggi, serta factor keamanan dan ke stabilitasnya yang tinggi dibandingkan dengan system operasi Microsoft Windows. Dibantu oleh pengembang GNU yang dipelopori oleh Richard Stallman yang membantu OS Linux semakin berkembang.

GNU (GNU's Not UNIX) bagian penting dari system linux yang menyediakan shell dan peripheral –peripheral yang menangani banyak fungsi – fungsi dasar system operasi. Di atas system kernel peripheral tersebut membentuk sebuah system Linux lengkap dengan sebuah antarmuka pengguna grafis yang dapat digunakan mode GUI. Pada komputer desktop sekarang antarmuka pengguna grafis yang terpopuler adalah GNOME, KDE, dan Xfce. Masih banyak antarmuka pengguna grafis yang tersedia untuk umum, jika menginginkan antarmuka dengan mode Custom buatan sendiripun bisa, tapi ada syaratnya yaitu bisa custom sendiri! Hahaha (Serius gann).

Untuk teman – teman yang ingin mengoperasikan system operasi Under Linux jangan pesimis dulu untuk menganggap bahwa OS Linux susah dioperasikan. Itu pemikiran orang yang memiliki mental tempe :D yang sudah dimainset oleh mikroskop (nama samara). Banyak distro linux yang sudah memiliki komunitas yang cukup banyak dan memiliki forum, Tinggal klik, chatting, posting.
Berikut distro linux yang terpopuler menurut saya :
o   Ubuntu
o   Fedora
o   Debian
o   CentOS
o   OpenSUSE
o   Mint

o   BackTrack
#MSI

0 komentar: